DESAIN RUKO 2 LANTAI DI JALAN DERMAGA KLENDER JAKARTA TIMUR


Senirumah.com - Mengusung gaya arsitektur Modern supaya tampilan bangunan lebih fresh dan terkesan mewah.
Ruko yang berada di Jalan Dermaga Klender Jakarta Timur ini sebelumnya adalah bangunan lama yang difungsikan untuk Showroom Mobil. Sedangkan lantai atasnya difungsikan sebagai tempat tinggal, terdiri dari 1 KamarTidur, 2 Kamar mandi dan juga terdapat dapur didalamnya.

Berdiri diatas luas tanah sekitar 185m2, dengan lebar depan 10m dan panjang kebelakang sekitar 18.5m. Awalnya, Ruko ini dibangun mepet sekali dengan jalan raya, mungkin tujuannya supaya ruangan dalam bisa menampung lebih banyak mobil. Sehingga akibatnya bangunan terlihat kurang nyaman, disamping itu segi estetika bangunan juga kurang diperhatikan.

Gbr. Tampilan Depan Bangunan Lama

Setelah ganti pemilik, sang pemilik baru ingin merubah wajah bangunan ini menjadi lebih fresh dengan tampilan arsitektur kekinian yang lebih menarik tetapi tidak menguras anggaran yang terlalu besar. Namun kendalanya adalah sang pemilik masih bingung menentukan peruntukan bangunan ini digunakan untuk apa. Karena ada wacana ingin menjualnya lagi setelah direnovasi, atau disewakan sebagai ruang kantor maupun showroom mobil, tapi kemungkinan bisa juga digunakan untuk usaha sendiri membuka Restoran.

Akhirnya setelah melalui beberapa kali diskusi, kemudian diputuskan bangunan akan dimundurkan sekitar 5-6 Meter dari jalan raya untuk menampung kebutuhan parkir mobil dan motor pengunjung, facade depan juga dirubah total dengan sentuhan yang lebih artistik dengan penggunaan finishing ACP (alluminium composit panel) juga tambahan kaca One Way dan kisi-kisi dari bahan stainless steel untuk mengejar gaya arsitektur modern yang lebih fresh dan menarik, dilakukan penggantian keramik dan plafon pada lantai dasar, namun bagian dalam khususnya lantai 2 banyak yang tetap dipertahankan, termasuk atap bangunan agar tidak terlalu banyak menguras dari segi biaya.

Dengan demikian hasil bangunan baru ini juga masih bisa difungsikan sebagai showroom mobil, tetapi juga bisa disewakan menjadi 2 unit perkantoran dengan penambahan sekat partisi jika diperlukan. Namun untuk fungsi Restoran, sang pemilik baru menginginkan desain lain yang berbeda yang akan kami bahas dalam artikel selanjutya yang bisa anda baca di sini.

Berikut adalah hasil design gambar yang kami buat, juga beberapa foto proses tahap pembangunan dilapangan.

Gbr. Tampak Depan Ruko


Gbr. Perspektif Ruko



Gbr. Desain 3 Dimensi Ruko 


Gbr. Foto 1 Proses pengerjaan Ruko 


Gbr. Foto 2 Proses pengerjaan Ruko 


Data Proyek:
Renovasi Ruko 2 lantai
Date                     : Februari 2015
Luas Tanah         : 185m2
Lebar depan        : 10m
Panjang               :  18.5m
Budget                 : 350 jt
Lokasi                  : Jln Dermaga Klender - Jakarta Timur
Pemilik                : Saryono
Prinsipal Arsitek    : Rowie
3D Modelling       : Rowie
Estimator             : Rony Eko N
Rendering            : Dady NS





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " DESAIN RUKO 2 LANTAI DI JALAN DERMAGA KLENDER JAKARTA TIMUR "

Posting Komentar