Renovasi Tampak Depan Rumah Bangunan Lama di Jakarta Timur


Senirumah.com, Jakarta Timur - Mempunyai rumah idaman dengan tampilan yang menarik dan up to date mungkin sudah menjadi dambaan setiap orang. Untuk rumah baru mungkin tidak akan ada masalah, tinggal mencari banyak model referensi kemudian mengatur kebutuhan ruangnya sesuai selera dan keinginan. Setelah itu tinggal mecari jasa arsitek dan kontraktor atau membangunnya sendiri. 

Hal tersebut tentu berbeda dengan kita yang sudah mempunyai rumah lama atau membeli bangunan jadi akan tapi kebutuhan ruang dan gaya arsitekturnya tidak sesuai dengan selera sendiri. Bagi yang mempunyai anggaran lebih, mungkin tinggal merenovasi total kemudian menata layout ruangnya sesuai kebutuhan, tapi jika anggarannya terbatas, kondisi tersebut harus disiasati dengan baik agar rumah yang kita huni tetap mengena secara fungsi dan estetika, juga yang tak kalah penting yaitu efisiensi. Dan salah satu alternatif caranya adalah dengan Facelift bangunan, yaitu merubah muka bangunan, merenovasi tampak depan bangunan tanpa harus merubah struktur utama atau bagian  yang lain dalam rumah.

Seperti halnya proyek yang telah kami kerjakan pada desember 2004 yang lalu ini, konsepnya juga facelift. Pemilik rumah ingin merubah tampilan depan supaya lebih fresh, tanpa merubah susunan kebutuhan ruang didalamnya. Hanya ada tambahan pelebaran garasi mobil agar bisa muat 2 mobil, walaupun pada akhirnya ditengah perjalanan klien kami juga menginginkan renovasi total bagian dapurnya yang dianggap sudah kurang layak, plus penambahan 1 kamar pembantu.


Foto Rumah sebelum di Renovasi


Konsep Desain Bangunan


Fokus utama perubahan desainya hanya pada teras bangunan, yaitu mengganti teras lama yang terbuat dari kayu dengan bentuk atap pelana tersebut dengan dag cor beton. Kemudian menghindari air hujan jatuh langsung ke tanah yang bisa menyebabkan tampias berlebih. Selain itu pintu dan kusen jendela juga diganti baru menyesuaikan bentuk arsitekturnya. Sehingga secara keseluruhan diharapkan tampilan bangunan bisa terlihat lebih modern dan tidak usang lagi.

Demi menghemat anggaran biaya, seandanyai saja bagian atap utama secara kaidah arsitektural maupun keteknikan masih memenuhi syarat, mungkin juga tidak akan ikut kita bongkar. Namun kenyataannya dilapangan, bentuk atap utama bangunan lama dan atap garasi saling beradu dengan kemiringan talang yang tidak memadai. Sehingga area tersebut rawan bocor saat musim hujan. Terlebih lagi jika sudah banyak kotoran karena jarang dibersihkan.
Sehingga atap utama dan atap garasi pun kita rubah dengan cara memotong sebagian atap utama dengan bentuk setengah kuda-kuda, kemudian aliran air hujan dibuat searah kedepan dan jatuh di dag Teras yang diteruskan ke saluran pembuangan melalui pipa paralon yang sudah ditanam di kedua kolom pada terasnya.




Berikut ini foto-foto rumah sebelum dan sesudah renovasi, termasuk proses pengerjaan di lapangan:


Foto Rumah sebelum di Renovasi

Proses Renovasi Tampak Depan / facelift Rumah

Proses Renovasi Tampak Depan / facelift Rumah
Proses Renovasi Tampak Depan / facelift Rumah

Foto Hasil Renovasi/ facelift Rumah

Data Proyek:
Renovasi Rumah 1 Lantai di Durensawit
Date                    : Desember 2004
Luas Tanah         : 385m2 (14m x 27.5m)
Luas Bangunan   : 170m2
Lebar depan        : 12m
Panjang               : 16m
Budget                
 - Tampak Depan                 :  Rp 60 Juta
 - Dapur dan R. Pembantu  :  Rp 50 Juta
                        Total            : Rp 110 Juta
Lokasi                    : Gang H. Ahyar Jln Sawadaya Raya Duren Sawit Jaktim
Pemilik                  : H. Murodli
Prinsipal Arsitek   : Rowie   
Estimator              : Rowie
Kontraktor            : Linier Architama

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Renovasi Tampak Depan Rumah Bangunan Lama di Jakarta Timur "

Post a Comment