RUMAH MUNGIL Di Lahan Minimalis di Jakarta Timur



SeniRumah.com - Sebuah hunian yang nyaman, disamping unsur estetika, dituntut juga mempunyai kelengkapan  ruang yang memadai agar bisa menampung semua kebutuhan dan kegiatan penghuninya. Selain itu harus ada ruang-ruang terbuka seperti taman, bukaan-bukaan yang memadai untuk pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang cukup agar rumah tersebut tetap asri dan sehat. Sehingga membuat betah penghuni di dalamnya.
lalu bagaimana mendesain rumah sesuai tuntutan tersebut jika lahannnya terbatas?

Desain Rumah di lahan 80m2

Proyek rumah tinggal yang kami tangani kali ini berada di lahan seluas +/-80m2, dengan lebar depan 7.5m dan panjang 10.5m. Recananya akan di bangun 2 lantai karena sang pemilik menginginkan ada 1 kamar tidur itama, 2 kamar tidur anak dan 1 kamar pembantu.

View dari Depan
Konsep arsitektur yang di usung adalah gaya modern atau minimalis, Dari gambar vew depan diatas, tampak akses pintu masuk ke lokasi dibuka dari tengah-tengah lahan. Disamping kiri ada Teras untuk menuju ke Ruang Tamu, sedangkan di bagian kanan terdapat taman untuk menuju ke ruang dapur dan ruang makan. Akses untuk tamu dan akses ke R. Dapur memang sengaja dipisah untuk menjaga privasi penghuni rumah.

Meski lebar lahan hanya 7.5m, fasad depan bangunan dibuat menjadi 3 bidang dengan tujuan muka bangunan bisa terkesan luas. Pada bidang tengah yang di cat berwarna hijau tua dengan jendela sudut ditengahnya, didalamnya terdapat tangga ke lantai 2. Saat penghuni berada di bordes, dia bisa melihat view ke luar bangunan dari jendela sudut tersebut, disamping tujuannya juga untuk pencahayan dalam ruangan. Kemudian sebelah kanannya juga terdapat balkon, untuk tempat duduk-duduk atau sekedar mengontrol bagian luar bangunan saat penghuni rumah ada di lantai atas.

Taman di rumah tinggal mungil ini tidak hanya di bagian halaman depan, melainkan juga ada di halaman belakang. Letaknya bersebelahan dengan tangga service untuk akses kegiatan pembantu seperti cuci-jemur dan sebagainya. Selain itu di halaman belakang juga dibuat pintu akses darurat yang terbuat dari pintu rangka besi, mengingat ada jalan kecil dari samping kanan bangunan dengan lebar 2m. Sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk akses keluar masuknya motor penghuni rumah.


View Dari Sudut Samping Kanan

Komposisi Ruang

Berikut adalah komposisi ruangan yang bisa didapatkan dalam desain rumah mungil dilahan seluas 80m2 ini

a - Lantai Dasar :

- Taman Depan
- Teras Depan
- Ruang Tamu
- Ruang Keluarga / R. Makan
- Tangga Utama
- Dapur
- R. Tidur dengan kamar mandi dalam
- Teras Belakang
- Taman belakang
- Kamar Mandi Pembantu
- Tangga service

b - Lantai 2 :

- Balkon Depan
- 2 Kamar Tidur anak
- 1 Kamar Mandi
- R. Keluarga
- Void Tangga
- Tempat Cuci Jemur
- Kamar Pembantu
- Void ke Taman belakang

c - Dag lantai 3 :

- Dag belakang untuk peletakan Water Torn



Penutup

Meski berada di lahan yang sempit, namun jika sebuah rumah tinggal direncanakan dengan pendekatan yang tepat dan matang, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Selain menciptakan lingkungan yang sehat dan asri, juga mengena secara fungsi dan estetika.

Untuk itu, jika anda ingin membangun rumah tetapi terkendala dengan lahan yang terbatas, jangan sekali-kali ragu untuk berkonsultasi dengan seorang arsitek. Karena sesuai profesinya, seorang Arsiteklah yang lebih ahli memahami kondisi/ syarat pencapain dan konsep pendekatan yang tepat, karena seorang Arsitek memiliki visi dan pengetahuan yang lebih luas dibidang Arsitektur. Seorang Arsitek secara alami maupun disipliner memiliki pemahaman konsep-konsep yang mapan tentang keteknikan maupun estetika baik tentang bentuk, gubahan masa, organisasi ruang dan sebagainya. Kemudian sang Ahli tersebut diharapkan mampu memvisualisasikan, menggambarkan, dan mewujudkan cita-cita dan imajinasi klien kedalam bentuk disain, termasuk menghitung anggaran biaya, pemilihan bahan bangunan hingga pelaksanaan, serta membantu memberikan alternatif pemecahan masalah yang mungkin ada.

Demikian artikel dari proyek kami yang berjudul Rumah Mungil Di Lahan Minimalis di Jakarta Timur ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat.



Data Proyek:
Pembangunan Rumah 2 Lantai
Date                       : Mei 2015
Pelaksanaan          : Dalam tahap persiapan
Luas Tanah            : 80m2
Luas Bangunan      : 115m2
Lebar depan           : 7,5m
Panjang                 :  10.5m
Budget                   : Rp 450.000.000,-
Lokasi                    : Jln H. Dogol Pondok Bambu Jakarta Timur
Pemilik                   : Bp. Abu Hasan
Prinsipal Arsitek    : Rowie 
3D Modelling        : Rowie
Estimator              : Rowie
Rendering             : Dady NS
Kontraktor            : Linier Architama


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " RUMAH MUNGIL Di Lahan Minimalis di Jakarta Timur "

Post a Comment