Desain RUMAH MODERN MINIMALIS di Cibubur

Desain Rumah Modern Minimalis di Lahan 11m x 17m Cibubur
SeniRumah.com - Rumah dengan gaya Arsitektur Modern Minimalis sejak tahun 2000-an sudah mulai menjadi trend desain menggantikan gaya arsitektur Mediterania yang sebelumnya populer saat itu. Dengan ciri khas bentuk yang simple dan cenderung kotak, minin ornamen, ditambah dengan sentuhan garis-garis tegas horizontal maupun vertikal pada bidang tertentu, membuat sebuah bangunan bergaya minimalis terlihat lebih fresh dan sangat menarik bagi kebanyakan orang yang pada waktu itu sudah mulai jenuh dengan gaya Arsitektur Klasik yang cenderung ramai karena banyaknya detail dan variasi ornamen.

Selain bentuknya yang simple dan menarik, konsep Arsitektur Minimalis ini juga dianggap lebih efisien dalam hal biaya dibanding bentuk-bentuk lain seperti mediterania maupun klasik. Sehingga banyak pengembang perumahan maupun perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang properti berlomba-lomba beralih ke desain minimalis. Namun banyak Arsitek dan Pengembang yang lupa bahwa konsep minimalis murni itu sendiri kurang cocok diterapkan di Indonesia yang mempunyai iklim tropis. Tak jarang kita jumpai rumah megah dengan konsep minimalis, tapi disana sini banyak yang tampias dan bocor saat musim hujan. Terutama pada teras dan bagian bukaan-bukaan seperti pintu dan jendela. Akhirnya sang penghuni rumah terpaksa menambahkan canopy sendiri di bagian-bagian tertentu - yang mungkin juga tanpa melalui konsultasi dulu dengan sang Arsitek - sehingga bentuknya menjadi aneh, tidak nyambung dengan konsep bentuk keseluruhan bangunan.

Konsep Bangunan Rumah di Cibubur


Dalam perkembangannya, kemudian muncul varian-varian baru gaya arsitektur Minimalis, seperti Minimalis Tropis, Modern Minimalis atau Post Modern dan lain-lain. Karena akar dari bentuk minimalis itu sendiri sebenarnya juga berasal dari gaya arsitektur modern. Dan gaya arsitektur seperti inilah yang menurut kami lebih cocok di terapkan di Indonesia.
Demikian juga dengan proyek kami kali ini, sebuah rumah 2 lantai dengan gaya Arsitektur Modern Minimalis atau Post Modern diatas lahan tanah seluas 187m2 yang berada di Perumahan Citragran Cibubur.

Gbr.1 - Perspektif 3D dari Sudut Kanan
Meski masih mengusung tema minimalis, kami sangat memperhatikan iklim tropis di Indonesia. Hal tersebut nampak pada desain atap yang masih menggunakan sudut kemiringan 30 derajat untuk meredam hawa panas yang ditimbulkan dari atap saat terkena paparan panas sinar Matahari. Demikian juga dengan overstek tritisannya tetap dibuat dengan panjang sekitar 70-80cm, termasuk overstek atap dag diatas balkon maupun jendela, dengan tujuan mampu mengurangi tampias saat terkena hujan dan angin. Konsep air hujan pun dibuat tidak ada yang langsung jatuh ke tanah, tetapi dari atap kemudian di alirkan dulu ke dag atap yang telah disiapkan beberapa titip pembuangan /roof drain dengan pipa paralon yang ditanam di tembok, setelah itu barulah dialirkan ke saluran-saluran pembuangan.

Gbr.2 - Perspektif 3D dari Sudut Kiri
Untuk memberikan kesan modern, bentuk atap dibuat berbeda daripada bentuk-bentuk atap konvensional pada umumnya. Antara bidang atap yang satu dengan bidang atap lainnya dibuat beda level ketinggian, kemudian dipisahkan sekat dinding ditengahnya sebagai pembatas yang sekaligus difungsikan sebagai penopang. Sehingga secara keseluruhan tampak bangunan lebih terlihat dinamis dan tidak kaku.

Bukaan-bukaan yang lebar sebagai salah satu ciri arsitektur modern diaplikasikan pada semua pintu dan jendela fasade depan. Selain untuk mempertegas konsep arsitektur yang diusung, diharapkan pencahayaan alami bisa lebih maksimal masuk kedalam ruangan. Sehingga lebih hemat energi dan ramah terhadap lingkungan. 
Berhubung di lantai atas terdapat kamar tidur dengan jendela sudut yang viewnya mengarah ke luar bangunan, demi menjaga privasi kegiatan dalam kamar, maka di tambahkan "Sun Screen" yang terbuat dari bahan alluminium yang dipasang di depan jendela, yang sekaligus juga berfungsi sebagai elemen estetis yang akan mempercantik bangunan.

Gbr.3 - Perspektif 3D View Malam

Komposisi Ruangan

a). Lantai Dasar

- Taman Depan
- Teras Depan
- Carport 2 Mobil
- Ruang Tamu
- Ruang Tidur Tamu
- Tangga Utama
- Ruang Keluarga
- Ruang Makan
- Dapur /Pantry
- Ruang Musholla
- Kamar Mandi
- Gudang
- Kamar Pembantu
- Kamar Mandi Pembantu
- Tangga Service
- Ruang Musholla
- Teras Belakang
- Taman Belakang

b). Lantai 2

- Balkon Depan
- 2 Ruang Tidur Anak
- Ruang Tidur utama dengan Kamar Mandi dalam
- Ruang Kerja
- Kamar Mandi
- Void Tangga
- Void Ke Ruang Keluarga
- Area Service/ R. Seterika
- Tangga Service ke Lantai 3 (cuci jemur & Water Torn)

c). Dag Lantai Atap

- Cuci Jemur dan Tempat Water Torn.

Gbr.4 - Perspektif 3D View Malam

Penutup


Dalam Proses pembangunanya, kami juga masih terus bereksplorasi mencari beberapa alternatif bentuk terbaik yang disesuaikan dengan keinginan dan karakter pemilik rumah, terutama di bagian detail bangunan. Sehingga terkadang gambar kerja pun harus mengalami beberapa kali revisi demi mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu saja perubahan-perubahan tersebut hanya dalam skala kecil dan tidak sampai melenceng dari konsep utama.

Demikian Artikel proyek kami yang berjudul Desain Rumah Modern Minimalis di Cibubur ini, semoga bermanfaat.
Gbr.5 - Perspektif 3D View Malam

Foto-foto Pelaksanaan Proyek di Lapangan








Data Proyek:
Pembangunan Rumah 2 Lantai
Date                    : September 2014
Pelaksanaan       : 7 Bulan
Luas Tanah         : 187m2
Luas Bangunan   : 260m2
Lebar depan        : 11m
Panjang               :  17m
Budget                 : Rp 1.060.000.0000,-
Lokasi                  : Perumahan Citrgran Blok S 
Pemilik                : Bp Kuat Erlangga
Prinsipal Arsitek    : Rowie & Edi S
Denah                     : Edi S

Estimator                : Edi S 
3D Modelling       : Rowie
Rendering            : Dady NS
Kontraktor           : DeffArchitect.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Desain RUMAH MODERN MINIMALIS di Cibubur "

Post a Comment