Al-Hakim, Desain MASJID 2 LANTAI di Permata Legenda Bekasi

View 1 - Desain Masjid Mungil di Perumahan Permata Legenda Bekasi 
SeniRumah.com - Menghasilkan sebuah karya desain arsitektur yang fantastis di sebuah lahan yang luas mungkin sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Karena biasanya, jika sebuah bangunan berdiri kokoh cukup besar diatas tanah yang memadai lengkap dengan sarana prasarana sebagai penunjangnya, kesan pertama bagi yang melihatnya mungkin akan langsung merasakan bahwa bangunan tersebut mewah, megah, keren dan sebagainya.
Terlepas dari kekurangan yang mungkin ada seperti tingkat kerapian, detail tertentu bangunan yang mungkin masih bisa diolah lagi dan lain-lain yang mungkin langsung tertutupi oleh besarnya dan kemegahan bangunan tersebut.



Lokasi Site



Berbeda dengan proyek desain yang kali ini kami tangani, rencana pembangunan Masjid diatas tanah yang tidak begitu luas, posisi di kavling hook (sudut), apalagi arah kiblatnya segaris dengan pojok atau sudut lokasi lahan bangunan membentuk garis diagonal.
Memang agak sulit membuat konsep desain di lahan yang terbatas seperti ini, apalagi sebuah Masjid. Sebuah bangunan ibadah yang akan menjadi tempat berkumpulnya banyak orang, yaitu kaum muslimin yang akan melakukan peribadatan. Sebuah bangunan yang dituntut dengan adanya kelengkapan sarana penunjang seperti tempat wudlu yang memadai, kamar mandi dan parkir untuk pengunjung yang cukup dan lain sebagainya. Hal ini lah yang justru menjadi tantangan tersendiri bagi kami bagaimana merencanakan sebuah Masjid/Musholla di lahan yang terbatas namun bisa mengakomodir tuntutan kebutuhan ruang, juga tetap mengena secara fungsi dan estetika.


Konsep Arsitektur Bangunan Masjid Al-Hakim


Mengingat arah kiblatnya mengarah ke sudut bangunan, maka mau tidak mau arah bangunan pun akan menyesuaikan arah kiblat tersebut agar nantinya tidak kesulitan menentukan shaf, sehingga ruang sholat pun lebih optimal dan bisa lebih banyak menampung jamaah.

Gaya arsitektur yang diusung adalah ke bentuk arsitektur modern, namun demikian juga akan tetap memasukkan ornamen-ornamen islami pada bidang-bidang tertentu yang mencirikan sebagai bangunan masjid.

Bangunan akan dibuat 2 lantai, sehingga meskipun berukuran kecil namun bangunan bisa terlihat lebih tinggi dengan tujuan untuk memberi kesan agung. Disamping itu juga agar dapat menampung lebih banyak jamaah. Meski demikian bangunan ini hanya akan difungsikan sebagai Musholla (tidak di fungsikan untuk sholat Jum'at), karena sudah ada Masjid yang lebih besar yang tidak jauh dari lokasi.


Hasil Desain Bangunan Masjid/Musholla AL-Hakim


Gbr.1 - Denah Lt. Dasar Masjid Al-Hakim

 - Denah Lantai Dasar Bangunan


Pada lantai dasar, Ruang Sholat utama bisa mendapatkan ukuran 6m x 7m, bisa menampung sekitar 40 jamaah. Sedangkan bagian depan dan samping kiri Ruang Sholat dimanfaat sebagai teras bangunan yang juga bisa difungsikan sebagai R. Sholat tambahan ketika ada acara-acara tertentu.

Tangga untuk akses ke Lantai atas diletakkan di pojok depan bangunan agar memudahkan sirkulasi jamaah dan tidak mengganggu Sholat atau kegiatan peribadatan di lantai dasar.
Sedangkan ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai tempat Rak untuk penitipan sepatu maupun sandal.

Untuk ruang wudlu dipisahkan menjadi dua area, yaitu wudlu pria dan wanita. Ruang wudlu pria berada di samping kiri bangunan, dibagi menjadi 2 bagian yaitu Ruang wudlu dalam yang juga terdapat kamar mandi didalamnya, kemudian juga ada area wudlu terbuka yang bersebelahan dengan taman. Untuk Ruang wudlu Wanita, diletakkan dibagian kanan bangunan yang didalmnya juga terdapat 1 Kamar Mandi.

Pada bagian ruangan disebelah R. Mighrab yang terpotong bidang batas area tanah, dimanfaat sebagai ruang Imam dan Ruang Audio, sehingga meski lahannya terbatas, namun semua kebutuhan ruang untuk menunjang kegiatan dalam bangunan tetap bisa diakomodir sebagai tuntutan fungsi sebuah bangunan.


Gbr.2 - Denah Lt. Atas Masjid Al-Hakim

 - Denah Lantai 2 Bangunan


Pada hari-hari biasa, lantai 2 pada Masjid/Musholla ini hanya digunakan untuk kegiatan mengaji TPA. Sedangkan Jamaah perempuan tetap berada di lantai dasar dengan pembatas sekat yang bisa di geser-geser di area belakang. Namun jika luasan lantai bawah tidak bisa menampung jamaah atau ketika ada acara-acara tertentu, misalnya saat ada peringatan hari besar Islam atau saat bulan Ramadhan, maka lantai 2 ini di fungsikan untuk Ruang Sholat wanita.

Sedangkan pada bagian depan dan samping kanan bangunan difungsikan sebagai balkon sebagai pertimbangan unsur estetika yang sewaktu-waktu juga bisa dimanfaat sebagai ruang Sholat tambahan jika diperlukan.


View 2 - Desain Masjid Al-Hakim di Bekasi 

 - Bentuk dan Fasade Bangunan


Secara umum, konsep bentuk Masjid ini mengarah kepada bentuk-bentuk arsitektur modern, hal tersebut terlihat dari tampilan bentuk dasar yang sederhana dan cenderung kotak, tidak ada detail ornamen yang rumit. Kemudian di dukung dengan pemilihan material finishing yang memberi kesan modern seperti kusen alluminium, kaca tempert pada railing balkon dll. Namun agar bangunan tidak terkesan kaku, dimasukkan unsur lengkung yang diletakkan pada bagian depan menempel di teras bangunan, yang juga akan menjadi identitas karakter atau ciri khas masjid ini. Sehingga bentuk bangunan lebih terlihat dinamis dan tidak monoton. 

Selain itu, penggunaan material batu alam di area luar dinding yang didalamnya terdapat tangga, termasuk di area wudlu, juga pemilihan warna hijau untuk bidang-bidang tertentu pada bangunan, diharapkan bisa memberikan kesan bahwa meski bangunan ini mengusung konsep arsitektur modern, namun masih tetap bisa menyatu dengan alam dan lingkungan sekitar.

Untuk unsur-unsur Islami sebagai ciri khas bangunan Masjid, dimasukkan ke dalam beberapa detail, seperti pada ornamen kaca patri di area jendela bagian tangga, ornamen pada menara, penggunaan roster motif Cordoba dan lain sebagainya. Demikian pula kubah utama dan kubah menara yang menggunakan material bahan dari fibreglass dengan pertimbangan agar tidak membebani struktur, dua elemen ciri khas masjid ini tetap dipertahankan ada untuk menegaskan bahwa memang inilah bangunan tempat ibadahnya kaum muslimin. Masjid atau Musholla Al-Hakim yang terletak di jalan Zamrud, perumahan Permata Legenda Bekasi - Jawa Barat.

Berikut adalah beberapa gambar penampakannya...

View 3 - Desain Masjid Al-Hakim di Bekasi 

View 4 - Desain Masjid Al-Hakim di Bekasi 

View 5 - Desain Masjid  Al-Hakim di Bekasi 

Penutup


Bangunan Masjid yang berdiri diatas tanah waqaf selua 205m2  ini sekarang masih dalam proses pembangunan dengan sumber pendanaan diperoleh dari swadaya masyarakat. Jika ada pembaca yang bermaksud menginfaqkan sebagain hartanya untuk membantu proses pembangunan Masjid ini, bisa langsung menghubungi ketua Panita pembangunan, Bpk Hendrik, Nomor Hp 0816 1602 696.
Atau juga bisa datang langsung ke lokasi yang beralamat di Perumahan Permata Legenda Blok K 18 No. 23 Dukuh Zamrud Pedurenan, Mustika Jaya - Bekasi 17156.

Artikel ini akan terus kami update dengan mencantumkan foto pencapain progress pelaksanaan di lapangan.



Data Proyek:
Pembangunan Masjid Al-Hakim Permata Legenda Bekasi
Date                             : Februari 2015
Pelaksanaan                : April 2015 s/d sekarang
Luas Tanah                  : 205m2
Luas Bangunan            : 195m2
Budget                          : Rp 860.000.000,-
Lokasi                           : Permata Legenda, Dukuh Zamrud Pedurenan - Bekasi 
Ketua Pembangunan   : Bp. Hendrik
Prinsipal Arsitek          : Rowie   
3D Modelling               : Rowie
Estimator                     : Rowie
Gambar Kerja              : Rony Eko N
Rendering                     : Dady NS

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Al-Hakim, Desain MASJID 2 LANTAI di Permata Legenda Bekasi "

  1. Pak gambar struktur masjin ini seperti apa ya, soalnya warga kami sedang membangun masjid 2 lantai juga dengan ukuran 20m x 20m, apa bisa kami minta gambar pondasi dan gambar strukturnya pak?

    ReplyDelete
  2. masjid mungil dan kiblat mengarah ke sudut lahan. Luar biasa

    ReplyDelete